PELUANG

22 September 20100 komentar

Pengertian Peluang  
Peluang atau kemungkinan adalah kata-kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, "kemungkinan besar akan turun hujan, kemungkinannya kecil dia lulus karena tidak pernah belajar, berapa kemungkinannya petinju itu akan menang?"
Sebenarnya apa yang dimaksud peluang atau kemungkinan?. Untuk mengetahui jawabannya, pelajari materi dalam sub bab ini dengan baik. Pada sub bab ini akan dipelajari kejadian acak, nilai peluang suatu kejadian, titik sampel, dan ruang sampel.

Kejadian Acak
Sebagai manusia, sering kali kita tidak mengetahui dengan pasti mengenai suatu kejadian, apalagi kalau kejadian itu mengenai sesuatu yang akan datang. Sebagai contoh, dapatkah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut?
Sebuah mata uang dilemparkan ke atas. Gambar atau angka yang akan muncul?
Sebuah dadu dilempar ke atas. Apakah muncul permukaan dadu bernomor 6?
Kalau kita mengambil satu set kartu bridge, apakah satu kartu yang kita ambil adalah kartu As?
Kejadian-kejadian itu memang tidak dapat kita jawab dengan pasti, tetapi paling tidak kita mempunyai kemungkinan hasil yang akan diperoleh. Misalkan pada pelemparan sebuah mata uang, kejadian munculnya angka dan gambar mempunyai kemungkinan yang sama. Karena tidak dapat dipastikan hasilnya maka kita hanya dapat mengukur besarnya kemungkinan kejadian itu.
"Suatu kejadian disebut acak jika terjadinya kejadian itu tidak dapat diketahui dengan pasti sebelumnya".

Selanjutnya... klik disini
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MATEMATIKA 252 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger